Malang Juara Nasional UKS Lagi

2010
07.13

Kota Malang kembali meraih penghargaan di tingkat nasional, yaitu juara nasional Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). SMAN 10 Malang terpilih menjadi juara satu tingkat nasional, begitu juga dengan MTsN Malang 1. Dua wakil Malang ini membawa nama harum Kota Malang di ajang tingkat nasional.

“Karena kebersamaan semua pihak, serta komitmen Pemkot Malang dalam mengembangkan sekolah yang bersih dan sehat. Sehingga Malang tahun ini kembali menjadi juara umum UKS Nasional,” ungkap Shofwan kepada Malang Post, kemarin.

Sekolah yang terpilih menjadi wakil di tingkat nasional secara fisik memang sangat bagus dan yang terpenting sehat. Di SMAN 10 misalnya, lingkungan sekolahnya sangat sehat. Di halaman depan, para tamu langsung bisa menikmati taman yang tertata indah. Semuanya nampak bersih dan terawat. Di dalam sekolah lingkungannya juga sangat asri. Ada taman dengan berbagai pepohonan, ada musala yang sejuk, lapangan basket yang bersih, dan tidak ketinggalan sebuah kantin sehat yang juga sangat indah.

Hal serupa juga nampak di MTsN Malang 1 di Jalan Bandung ini. Di sekolah ini lingkungan sehat dan rapi tergambar jelas di sana. Lalu apa sebenarnya indikator yang membuat sekolah ini unggul? “Ada banyak indikator yang membuat sekolah-sekolah ini juara. Baik dari sisi pengkaderannya, sarana, fasilitas, dan juga program trias UKS yang dilaksanakan dengan bagus,” ungkapnya.

Di MTsN Malang I, juri sempat terpukau dengan fakta bahwa sekolah ini melibatkan perguruan tinggi untuk mensosialisasikan program UKS. Terobosan ini belum pernah dilakukan sekolah-sekolah lainnya. Karenanya, dianggap sebagai terobosan baru yang pantas untuk ditiru oleh sekretariat tetap (Sektap) UKS yang lain.

Sebenarnya, kata Shofwan, Penghargaan untuk lomba UKS Nasional bukan pertama kalinya diraih Kota Malang. Sebelumnya tercatat ada MIN Malang 1, dan SMPN 5 Malang yang pernah juara UKS. Bahkan juri mengakui, bahwa selalu ada yang baru yang ditampilkan dari kota Malang. Diakui, Malang memang layak menjadi juara.

Your Reply